Kamis, 05 November 2015

Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Angin






Kincir angin di areal pertanian disuatu tempat di Jerman



Pembangkit listrik tenaga angin adalah pembangkit yang menggunakan angin yang mengambil energi pergerakan angin yang membangkitkan listrik. Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Angin ini kurang populer karena hasil energi yang didapat dari angin tidak konsisten, angin selalu berubah arahnya dan kekuatannya, kadang lemah kadang kuat. Tapi beberapa perusahaan mengembangkan pembangkit listrik ini untuk dijual ketingkat perumahan sebagai tenaga listrik tambahan. Membantu untuk penyediaan penerangan digarasi, taman, penghangat air, untuk itu tentunya kincir pembangkit harus selalu berputar terus menerus.

Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Sebetulnya angin selalu tersedia dimana saja kita berada sebagai contoh apabila kita berdiri dilapangan yang luas atau di sawah yang tidak terdapat pohon-pohon tinggi, kincir angin akan selalu berputar walau kincir tersebut sederhana dan angin selalu ada tidak pernah berhenti. Sedangkan dikota-kota yang anginnya terhalang bangunan dan pohon-pohon angin jadi tidak terlalu terlihat selalu ada. Maka pemasangan pembangkit angin diperkotaan harus lebih tinggi untuk mendapatkan angin yang besar diatas genteng-genteng rumah dan gedung.

Bila satu buah pembangkit tenaga angin ini dapat menghasilkan daya seharian 100 w sd 500 w saja sebetulnya sudah sangat membantu rumah tangga untuk menghemat listrik rumah. Apalagi di Indonesia pemerintah dalam penyediaan listrik kadang terkatung-katung dalam satu rezim pemerintahan kenaikan listrik pasti ada saja dan pemadaman listrik bergantian selalu terjadi bila di daerah pulau Jawa. 

Mungkin saya pikir desa energi bukan pembuatan pabrik bioetanol disetiap desa tetapi bagaimana angin dapat menjadi sumber energi disetiap rumah. Pemerintah akan dipandang mulia bila ini terjadi. Dalam setiap permasalahan pada teknologi selalu akan teratasi selama semua pihak yang terkait dengan permasalahan bertindak jujur dalam menangani permasalahan ini, sayangnya kejujuran adalah sesuatu yang langka saat ini. 

Kembali ke topik, bila ada perusahaan yang berniat untuk membuat ini menjadi  barang dagangan menurut saya itu baik sekali  karena perusahaan seperti ini di dunia pun masih jarang, target pasarnya hanya kalangan tertentu saja, mungkin yang mengerti tentang lingkungan. Kelompok pasar yang mengerti akan sangat mudah diberi pengertian tentang manfaat dan kelemahan pembangkit tenaga listrik angin ini. Tapi pada suatu hari dihujan lebat dengan angin yang sangat kencang yang membuat suplai listrik negara kita mati, pembangkit ini ,menjadi sangat berguna karena putarannya yang kencang membuat suplai listrik menjadi ada. Tapi bukan itu yang menjadi perhatian saya sebetulnya bila pembangkit listrik yang ramah lingkungan digalakan maka kita tidak akan menjadi kepanasan seperti ini. Bila di Indonesia suplai listrik untuk industri mahal maka perusahaan tersebut harus berusaha untuk membuat reaktor listriknya sendiri, tanpa menggunakan bahan bakar fossil. Belum ada perusahaan yang membantu saudara-saudara pengusaha supaya dapat menurunkan  biaya produksinya dengan sumber listrik yang murah.

Mungkin kata-kata diatas hanyalah sebuah omelan tapi nyata bahwa para inventor mesin tidak pernah iklas untuk menggunakan tenaga yang berasal dari pengerukan tanah. Harus diatas tanah, seperti Nikola Tesla yang kecewa dengan penggunaan fusi nuklir sebagai reaktor listrik, padahal dikawah gunung terdapat sumber listrik yang besar, panasnya tidak pernah berhenti dan juga aman bagi lingkungan. Sayangnya sebetulnya peran teknologi dalam kehidupan manusia harus didukung oleh sifat keekonomian yang berarti dan apa keuntungan bagi orang-orang yang terlibat didalamnya bukan kegunaannya untuk lingkungan. 

Kincir angin dibagi dua bentuk vertikal dan horisontal, bentuk klasik dan masih dipakai sampai saat ini adalah kincir angin horisontal. Pada pembangkit dibelakang kincir terdapat penggerak supaya kincir dapat menyambut datangnya angin yang membuat kincir itu bergerak. Kelebihan dari kincir horisontal adalah kincir dapat berputar kencang dan bertenaga ketika angin datang dari satu arah saja Kelemahan pada kincir ini adalah kincir ini tidak tanggap bila angin datang dari arah berbeda-beda dalam waktu yang cepat. Sedangkan kincir vertikal adalah kincir yang menyambut datangnya angin dari mana saja, kincir yang tidak seimbang menerima angin pada satu sisinya, sehingga selalu berputar bila ada tekanan angin sedikit saja.

Prinsipnya kincir angin harus dibuat dengan bahan-bahan yang ringan dan kuat, seperti alumunium yang ringan dan kuat atau kain yang dicat yang dibuat tidak berpori dan sedikit kaku untuk kincir vertikal. Peminyakan juga harus sering dikerjakan karena kincir yang menjerit sangat tidak enak didengar, kecuali orang-orang yang menyukai suara-suara deritan karena angin.  


Kelebihan dan kelemahan Turbin Angin Vertikal

Kelebihan

  1. Dapat memproduksi listrik dari arah angin mana saja
  2. Tidak memerlukan tower yang kuat karena generator, gear box dan komponen lainnya di tempatkan dibawah
  3. Biaya produksi yang rendah dibandingkan dengan Turbin Angin Horisontal
  4. Tidak perlu mengarahkan kemana arah angin
  5. Mudah di instalasikan dibandingkan dengan yang Horisontal
  6. Mudah diangkut
  7. Dapat dipasang area urban
  8. Resiko rendah terhadap manusia dan burung karena kincir bergerak dalam kecepatan rendah
  9. Terdapat area yang sesuai yang terdapat kondisi cuaca yang ekstrim, seperti di gunung, dapat dialirkan listrik sampai kepuncak gunung.

Kekurangan.

  1. Hanya satu kincir yang bekerja jadi efisiensi sangat rendah
  2. Harus ada dorongan pertaman untuk mulai bekerja,dan bisa digantikan ketika sudah listrik sudah bisa diproduksi
  3. Terdapat getaran keras yang realtif karena aliran angin di tanah membuat pusaran angin
  4. Karena terdapat getaran  yang menyebabkan bertambahnya biaya perawatan.
  5. Menyebabkan berisik

Dibawah ini adalah fakta mengenai pembangkit listrik angin :


  1. Pembangkit tersebut akan merubah dari energi angin menjadi energi dalam bentuk yang lain. Pada contohnya kincir angin memproduksi energi mekanik dan bisa membuat kapal air meluncur di air dengan kekuatan listrik.
  2. Kincir angin telah digunakan sejak 2000 BC dan dan digunakan di Persia dan China. Pelaut jaman dulu menggunakan angin sebagai tenaga untuk mencapai tempat yang jauh. Para petani menggunakan angin untuk memompa air dan menggiling gandum. 
  3. Energi angin dapat dinilai baik karena sumber energi yang bersih dan menyebabkan polusi yang minimum. Biaya operasi juga murah, bila terdapat produksi massal pada pembangkit ini maka pembangkit ini akan sangat murah.
  4. Pembangkit listrik angin massal dapat dibangun dia area pantai. Angin banyak dipantai dan lebih kuat tentunya dibanding dengan didarat. Ini menguntungkan bagi negara Indonesia karena garis pantai Indonesia yang sangat panjang.
  5. Pembangkit listrik terbesar berlokasi di Amerika di Hawaii. Berdiri 20 lantai dan panjang kincirnya sepanjang lapangan bola, dapat menghidupi 600 rumah di Amerika.


Gambar dibawah ini adalah kincir yang dibuat dari pipa PVC








Turbin angin dari PVC


Kembali ke Halaman Depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar