Selasa, 03 November 2015

Tentang Pembangkit Listrik MikroHidro


Vorteks air sebagai pembangkit listrik 


Pusaran air merupakan sumber energi, energi pusaran air dapat disebut juga dengan energi vortex. Penggunaan campuran air dan udara sebagai energi vortex yang perpetual (berkesinambungan) telah digunakan oleh ilmuwan Austria yang akan digunakan oleh Nazi sebagai sumber energi. Teknologi itu tidak sempat digunakan karena perang yang keburu selesai. Lalu negara Amerika meriset kembali energi tersebut, tapi  penggunaaan energi ini tidak pernah muncul ke permukaan sebagai sumber energi malah hanya penampakan UFO yang keluar pada itu merupakan mesin vortex yang sedang terbang.


Flying Saucer menggunakan prinsip energi vorteks untuk terbang

Tentang Pembangkit Listrik MikroHidro


Tetapi dibanyak tempat banyak menggunakan energi pusaran air sebagai sumber energi. Penghimpunan air dengan mengalirkannya menjadi pusaran air meningkatkan kecepatan arus air. Dengan itu pembangkit listrik dapat diinstalasi di aliran air yang kecil. Pembangkit listrik Gravitasi Vortex Air adalah tipe pembangkit mikro hidro yang dapat memproduksi energi dengan menggunakan ketinggian air yang hanya 0,7 meter s.d 3 meter. Teknologi ini didasari oleh  cekungan bulat dengan lubang ditengah sebagai pengalir air. Diatas lubang keluar air membentuk garis vortex yang stabil yang dapat digunakan sebagai generator listrik. Teknologi ini ditemukan oleh insinyur Austria Franz Zotlöterer ketika mencoba memberi udara pada air tanpa menggunakan sumber eksternal.



Pembangkit Mikro hidro ini merupakan teknologi yang baru maka belum terlihat kelebihan dan kekurangannya. Maka akan dituliskan Kelebihan dan Kekurangan membangun bendungan.

Kelebihan

  • Ketika sebuah bendungan dibangun, listrik akan diproduksi dengan konstan.
  • Jika listrik tidak diperlukan lagi, gerbang masuk bisa ditutup untuk mematikan generator listrik.
  • Air didanau bisa digunakan sebagai irigasi
  • Sama sekali tidak ada polusi.




 Kelemahan

  • Bendungan akan dibangun mahal dan harus dibuat dengan standar tinggi karena bendungan tentu saja harus dibuat kuat karena untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang lama. Ini
  • Pada makro generator hidro, perlu membanjiri area sehingga lingkugan natural bisa hancur
  • Membangun bendungan raksasa akan meningkatkan level air, sehingga dapat menghancurkan lahan disekitar aliran air. Seperti pada pembangunan.
  • Orang yang tinggal didesa dan dikota yang akan dibangun bendungan akan kehilangan lahan pertanian dan usaha-usahannya. Pada beberapa negara orang-orang dipaksa pindah sehingga bendungan dapat dibangun.
  • Walaupun bendungan modern didisain dengan bagus bendungan pada masa lalu terlewati oleh air sehingga penduduk disekitar bendungan mengalami banjir.





Menurut data listrik yang dihasilkan  oleh bendungan ini :
Kepala                                             1,5 m
Tingkat arus                                     0,9 m^3/s
Turbin effisiensi                              80%
Generasi Listrik                               8,3 KW



Kembali ke Halaman Depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar