Senin, 02 November 2015

Tinjauan pembangkit listrik tenaga hidrolik


Pompa Ram atau disebut ram hidrolik adalah pompa yang dapat menggunakan tenaga tekanan air untuk memompa air ketempat yang lebih tinggi. Pompa ini akan bekerja memompa air tanpa menggunakan tenaga listrik. Tenaga pompa ini berasal dari tenaga gravitasi, yaitu tekanan berat air yang menekan udara yang berada didalam tabung, setelah udara didalam tabung terdapat tekanan yang cukup untuk memompa air keatas, ketika katup air masuk untuk menekan udara didalam tabung menutup. Aplikasi mudah pompa ram adalah dengan menggunakan aliran air yang deras sebagai sumber energi kinetiknya, pompa ram cocok digunakan di daerah yang kesulitan dengan suplai listrik, Tapi pada air yang tidak mengalir atau mengalir diperlukan jumlah air yang banyak untuk menunjang tekanan pada tabung udara. Konsep renewable energi disini adalah siklus air mengalir keatas dan kebawah. Energi listrik diambil ketika air mengalir kebawah untuk restorasi tekanan air pada pompa. Tulisan ini adalah tulisan tentang, Tinjauan pembangkit listrik tenaga hidrolik.



Tinjauan pembangkit listrik tenaga hidrolik 

Cara Kerja Pompa Ram 

Konsep dibalik pompa ram adalah gelombang "pukulan air". Air mempunyai berat dan juga volume pergerakan air pada sebuah kecepatan yang mempunyai momentum.  Jika sebuah air yang mengalir dalam pipa berbenturan dengan katup yang tertututup dengan tiba-tiba, tekanan pada pipa meningkat tajam, jika keran atau katup rumah ditutup tiba-tiba maka kita akan mendengar suara kecil pada pipa,

ini adalah versi sederhana bagaimana pompa ram bekerja 



  • Aliran air (panah biru) mengalir melalui pipa drive dan keluar melalui katup waste no 4 atau "brass swing check valve" yang terbuka. Air mengalir semakin lama semakin cepat melalui pipa drive dan keluar dari katup no.4.


  • Pada titik tertentu, air bergerak sangak cepat melalui katup waste (4) yang membuat katup waste tertutup karena kencangnya pergerakan air. Ketika air bergerak cepat dalam pipa dan tidak bisa berhenti. Semua berat dan momentum pun berhenti, Yang membuat tusukan tekanan, (panah merah) pada katup yang tertutup. Tusukan tekanan tinggi membuat pada katup spring check (5) "spring check valve" kedalam tabung tekanan. Ini membuat tekanan dalam tabung meningkat sedikit. Tekanan pada pipa tidak ada tempat kemanapun, sehingga mulai menjahui katup waste aliran mundur. Yang menciptakan kecepatan yang sangat kecil kebelakang pada pipa.



  • Ketika air pada katup waste mulai mengendur karena tekanan air sudah berpindah ke tabung udara. dan katup no 5 menutup karena tekanan dari tabung.


  • Katup waste no 4 membuka kembali karena rendahnya tekanan air pada pipa,
  • Tekanan air yang lebih tinggi dari inlet membuat air yang keluar dari inlet membalik kebelakang dan tekanan dibuat lagi pada katup waste no 4.
  • Dan langkah berulang lagi ke langkah satu.
Pompa Ram dinamis, menggunakan bahan pvc spring valve,pengukur tekanan
dan swing valve.

Generator Listrik Dengan Pompa Ram

Pompa ram digunakan untuk menaikan ketempat yang tinggi supaya air dapat kembali jatuh dan dapat digunakan sebagai pengerak kincir generator. air jatuh ketangki . Tanki harus punya volume dan berat yang memadai dalam tekanan air untuk mendorong kembali air keatas untuk wadah generator. 

Alurnya adalah air disalurkan ke pompa ram dan air dengan pompa ram dipompa keatas, sehingga air dilepaskan dari ketinggian menuju tanki. Generator menangkap gerakan air menuju tanki sebagai sumber energi.

Siklus air dan eneregi dengan pompa ram. 


Demikian ada kemungkinan pompa ram dapat digunakan sebagai sumber renewable energi yang perpetual. Kelemahan tidak terlalu hanya pada masalah perawatan sehingga hal itu dapat diatas. Sehingga ketersediaan energi terjaga. Saya tidak membeberkan secara mendetail tentang ram pump, hitungannya minimal dimensinya dan lain-lain .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar